SEGMENTASI
PASAR DAN ANALISIS DEMOGRAFI
Segmentasi pasar adalah kegiatan membagi suatu
pasar menjadi kelompok – kelompok pembeli yang berbeda yang memiliki kebutuhan
karakteristik atau perlaku yang berbeda yang mungkin membutuhkan produk atau
bauran pemasaran yang berbeda. Segmentasi pasar juga dapat diartikan sebagai
proses pengidentifikasian dan menganalisis para pembeli di pasar produk,
menganalisis perbedaaan antara pembeli di pasar.
Segmentasi pasar sangatlah penting didalam
bisnis dan pemasaran. Walaupun kita tidak boleh mengiris – iris pasar terlalu
kecil, segmentasi pasar tetaplah suatu hal yang harus dipelajari dalam
membangun usaha. Segmentasi pasar sebagai suatu strategi perusahaan tidaklah
semata – mata dilakukan dengan cara m,embedakan produk atau bahkan menciptakan
produk baru, tetapi di dasarkan atas perbedaan minat dan kebutuhan konsumen.
Definisi analisis pasar menurut beberapa ahli
:
·
Swastha dan Handoko ( 1987 )
Segmentasi pasar
merupakan suatu tindakan membagi pasar menjadi segmen – segmen pasar tertentu
yang di jadikan sasaran penjualan yang akan di capai dengan marketing mix.
·
Pride dan ferrel ( 1995 )
Segmentasi pasar adalah
suatu proses membagi pasar ke dalam segmen – segmen pelanggan potensial dengan
kesamaan karakteristik yang menunjukkan adanya kesamaan perilaku pembeli dan
sebagai suatu proses pembelian pasar keseluruhan menjadi kelompok – kelompok pasar
yang terdiri dari orang – orang yang secara relative memiliki kebutuhan produk
yang serupa.
A. SEGMENTASI PASAR DAN KEPUASAN KONSUMEN
Menurut Philip kotler (
1997 ) kepuasan konsumen adalah perasaan senang atau kecewa seseorang yang
berasal dari perbandingan antara kesannya terhadap kinerja ( hasil ) suatu
produk dengan harapannya.
Kepuasan konsumen
terbagi menjadi dua :
1.
Kepuasan fungsional, merupakan kepuasan yang di peroleh dari fungsi atau
pemakaian suatu produk . misalnya :
karena makan membuat perut kita menjadi kenyang .
2.
Kepuasan psikologikal, merupakan kepiuasan yang di peroleh dari atribut
yang bersifat tidak berwujud. Misalnya : perasaan bangga karena mendapat
pelayanan yang sangat istimewa dari sebuah rumah makan yang mewah.
B. SEGMENTASI DAN PROFITABILITAS
Profitabilitas adalah kemampuan perseroan untuk
menghasilkan suatu keuntungan dan menyokong pertumbuhan baik jangka pendek
maupun jangka panjang. Profitabilitas perseroan biasanya dilihat dari laporan
laba rugi perseroan yang menunjukkan laporan hasil kinerja perseroan.
Meningkatkan efisiensi proses produksi
Proses produksi yang efisien akan menghasilkan
penghematan. Semakin berhemat semakin rendah pula biaya produksi. Dengan semakin
rendahnya biaya produksi, maka margin
keuntungan juga semakin tinggi.
C. PENGGUNAAN SEGMENTASI DALAM STRATEGI PEMASARAN
Agar segmentasi pasar dapat bermanfaat maka harus
memenuhi beberapa karakteristik:
·
Measurable : ukuran, daya beli dan profit segmen harus dapat di ukur
meskipun ada beberapa variabel yang sulit di ukur.
·
Accessible : segmen pasar harus dapat di jangkau dan di layani secara
efektif
·
Substantial : segmen pasar harus cukup besar dan menguntungkan untuk di
layani
·
Differentiable : segmen – segmen dapat di pisahkan secara konseptual dan
menberikan tanggapan yang berbeda terhadap elemen – elemen dan bauran pemasaran
yang berbeda.
·
Actionable : program yang efektif dapat di buat untuk menarik dan
melayani segmen – segmen yang bersangkutan.
Langkah dalam
mengembangkan segmentasi pemasaran :
1.
Mensegmen pasar menggunakan variabel – variabel permintaan, seperti
kebutuhan konsumen, manfaat yang di cari dan situasi pemakaian.
2.
Mendeskripsikan segmen pasar yang diidentifikasikan dengan menggunakan
variabel – variabel yang dapat membantu perusahaan memahami cara melayani
kebutuhan konsumen tersebut dan cara berkomunikasi dengan konsumen.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar