Sabtu, 05 Oktober 2013

SEGMENTASI PERILAKU KONSUMEN

SEGMENTASI PASAR DAN ANALISIS DEMOGRAFI
Segmentasi pasar adalah kegiatan membagi suatu pasar menjadi kelompok – kelompok pembeli yang berbeda yang memiliki kebutuhan karakteristik atau perlaku yang berbeda yang mungkin membutuhkan produk atau bauran pemasaran yang berbeda. Segmentasi pasar juga dapat diartikan sebagai proses pengidentifikasian dan menganalisis para pembeli di pasar produk, menganalisis perbedaaan antara pembeli di pasar.
Segmentasi pasar sangatlah penting didalam bisnis dan pemasaran. Walaupun kita tidak boleh mengiris – iris pasar terlalu kecil, segmentasi pasar tetaplah suatu hal yang harus dipelajari dalam membangun usaha. Segmentasi pasar sebagai suatu strategi perusahaan tidaklah semata – mata dilakukan dengan cara m,embedakan produk atau bahkan menciptakan produk baru, tetapi di dasarkan atas perbedaan minat dan kebutuhan konsumen.
Definisi analisis pasar menurut beberapa ahli :
·         Swastha dan Handoko ( 1987 )
Segmentasi pasar merupakan suatu tindakan membagi pasar menjadi segmen – segmen pasar tertentu yang di jadikan sasaran penjualan yang akan di capai dengan marketing mix.
·         Pride dan ferrel ( 1995 )
Segmentasi pasar adalah suatu proses membagi pasar ke dalam segmen – segmen pelanggan potensial dengan kesamaan karakteristik yang menunjukkan adanya kesamaan perilaku pembeli dan sebagai suatu proses pembelian pasar keseluruhan menjadi kelompok – kelompok pasar yang terdiri dari orang – orang yang secara relative memiliki kebutuhan produk yang serupa.
A.    SEGMENTASI PASAR DAN KEPUASAN KONSUMEN
Menurut Philip kotler ( 1997 ) kepuasan konsumen adalah perasaan senang atau kecewa seseorang yang berasal dari perbandingan antara kesannya terhadap kinerja ( hasil ) suatu produk dengan harapannya.
Kepuasan konsumen terbagi menjadi dua :
1.      Kepuasan fungsional, merupakan kepuasan yang di peroleh dari fungsi atau pemakaian suatu produk . misalnya :  karena makan membuat perut kita menjadi kenyang .
2.      Kepuasan psikologikal, merupakan kepiuasan yang di peroleh dari atribut yang bersifat tidak berwujud. Misalnya : perasaan bangga karena mendapat pelayanan yang sangat istimewa dari sebuah rumah makan yang mewah.






B.     SEGMENTASI DAN PROFITABILITAS
Profitabilitas adalah kemampuan perseroan untuk menghasilkan suatu keuntungan dan menyokong pertumbuhan baik jangka pendek maupun jangka panjang. Profitabilitas perseroan biasanya dilihat dari laporan laba rugi perseroan yang menunjukkan laporan hasil kinerja perseroan.
Meningkatkan efisiensi proses produksi
Proses produksi yang efisien akan menghasilkan penghematan. Semakin berhemat semakin rendah pula biaya produksi. Dengan semakin rendahnya  biaya produksi, maka margin keuntungan juga semakin tinggi.
C.    PENGGUNAAN SEGMENTASI DALAM STRATEGI PEMASARAN
Agar segmentasi pasar dapat bermanfaat maka harus memenuhi beberapa karakteristik:
·         Measurable : ukuran, daya beli dan profit segmen harus dapat di ukur meskipun ada beberapa variabel yang sulit di ukur.
·         Accessible : segmen pasar harus dapat di jangkau dan di layani secara efektif
·         Substantial : segmen pasar harus cukup besar dan menguntungkan untuk di layani
·         Differentiable : segmen – segmen dapat di pisahkan secara konseptual dan menberikan tanggapan yang berbeda terhadap elemen – elemen dan bauran pemasaran yang berbeda.
·         Actionable : program yang efektif dapat di buat untuk menarik dan melayani segmen – segmen yang bersangkutan.
Langkah dalam mengembangkan segmentasi pemasaran :
1.      Mensegmen pasar menggunakan variabel – variabel permintaan, seperti kebutuhan konsumen, manfaat yang di cari dan situasi pemakaian.
2.      Mendeskripsikan segmen pasar yang diidentifikasikan dengan menggunakan variabel – variabel yang dapat membantu perusahaan memahami cara melayani kebutuhan konsumen tersebut dan cara berkomunikasi dengan konsumen.


http://www.slideshare.net/LiscaArdiwinata/rangkuman-segmentasi-pasar-dan-analisis-demografi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar