1.
PERILAKU KONSUMEN DAN CAKUPAN ILMU
PERILAKU KONSUMEN
Perilaku
konsumen adalah perilaku yang konsumen tujukan dalam mencari, menukar,
menggunakan, menilai, mengatur barang atau jasa yang mereka anggap akan
memuaskan kebutuhan mereka. Perilaku konsumen juga merupakan tindakan –
tindakan yang di lakukan oleh individu, kelompok atau organisasi yang berhubungan
dengan proses pengambilan keputusan dalam mendapatkan dan menggunakan barang –
barang atau jasa ekonomi yang dapat di pengaruhi oleh lingkungan.
FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN
·
Pengaruh
lingkungan, terdiri dari kelas budaya, kelas sosial, keluarga dan situasi. Sebagai
dasar utama perilaku konsumen yaitu memahami pengaruh lingkungan yang
menghambat individu dalam mengambil keputusan berkonsumsi mereka.
·
Perbedaaan
dan pengaruh individu, terdiri dari motivasi dan keterlibatan, pengetahuan,
sikap dan kepribadian gaya hidup dan demografi. Perbedaan individu merupaka
faktor internal yang menggerakkan serta mempengaruhi perilaku.
·
Proses
psikologis, terdiri dari pengolahan informasi, pembelajaran, perubahan sikap
dan perilaku.
KONSEP DASAR PERILAKU KONSUMEN
Perilaku konsumen akan di perlihatkan dalam beberapa tahap yaitu tahap
sebelum pembelian, pembelian dan setelah pembelian. Pada tahan sebelum
pembelian, konsumen akan melakukan pencarian informasi yang terkait produk dan
jasa. Pada tahan pembelian konsumen akan melakukan pembelian produk dan pada
tahap setelah pembelian konsumen melakukan konsumsi atau penggunaan produk,
evaluasi kinerja produk dan akhirnya membuang produk setelah di gunakan.
Konsumen dapat meerupakan seorang individu ataupun organisasi, mereka memiliki
peran yang berbeda dalam perilaku konsumsi. Dalam upaya untuk lebih memahami
lebih konsumennya sehingga dapat memenuhi kebutuhan dan memenuhi keinginan
konsumen, perusahaan dapat menggolongkan konsumennya ke dalam kelompok yang
memiliki kemiripan tertentu yaitu pengelompokan menurut geografi, demografi,
psikografi dan perilaku.
2.
SIAPA
SEBENARNYA KONSUMEN DAN APA CIRI – CIRI KONSUMEN
Konsumen
adalah setiap orang pemakai barang atau jasa yang tersedia dalam masyarakat
baik bagi kepentingan diri sendiri, keluarga, orang lain maupun makhluk hidup
lain dan tidak untk di perdagangkan.
Adapun ciri –
ciri konsumen, sebagai berikut :
·
Personal
consumer : konsumen ini membeli atau menggunakan barang atau jasa untuk
penggunaannya sendiri.
·
Organizational
consumer : konsumen ini membeli atau menggunakan barang atau jasa untuk
memenuhi kebutuhan dan menjalankan organisasi tersebut.
3.
KEKUATAN UTAMA YANG DAPAT MEMPERTAJAM
PENELITIAN TENTANG KONSUMEN
·
Pendekatan interpretif yaitu menggali secara mendalam perilaku
konsumsi dan hal yang mendasarinya.
·
Pendekatan tradisoional yaitu didasari pada teori dan metode ilmu
psikologi, kognitif, sosial dan behaviorial serta ilmu sosiologi. Pendekatan ini
bertujuan untuk mengembangkan teori dan metode guna menjelaskan perilaku dan pembuatan
keputusan konsumen.
·
Sains pemasaran yaitu didasari pada teori dan metode ilmu
ekonomi dan statistika.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar