Jumat, 04 Oktober 2013

PENDAHULUAN PERILAKU KONSUMEN

1.      PERILAKU KONSUMEN DAN CAKUPAN ILMU PERILAKU KONSUMEN
Perilaku konsumen adalah perilaku yang konsumen tujukan dalam mencari, menukar, menggunakan, menilai, mengatur barang atau jasa yang mereka anggap akan memuaskan kebutuhan mereka. Perilaku konsumen juga merupakan tindakan – tindakan yang di lakukan oleh individu, kelompok atau organisasi yang berhubungan dengan proses pengambilan keputusan dalam mendapatkan dan menggunakan barang – barang atau jasa ekonomi yang dapat di pengaruhi oleh lingkungan.
FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN
·         Pengaruh lingkungan, terdiri dari kelas budaya, kelas sosial, keluarga dan situasi. Sebagai dasar utama perilaku konsumen yaitu memahami pengaruh lingkungan yang menghambat individu dalam mengambil keputusan berkonsumsi mereka.
·         Perbedaaan dan pengaruh individu, terdiri dari motivasi dan keterlibatan, pengetahuan, sikap dan kepribadian gaya hidup dan demografi. Perbedaan individu merupaka faktor internal yang menggerakkan serta mempengaruhi perilaku.
·         Proses psikologis, terdiri dari pengolahan informasi, pembelajaran, perubahan sikap dan perilaku.
KONSEP DASAR PERILAKU KONSUMEN
Perilaku konsumen akan di perlihatkan dalam beberapa tahap yaitu tahap sebelum pembelian, pembelian dan setelah pembelian. Pada tahan sebelum pembelian, konsumen akan melakukan pencarian informasi yang terkait produk dan jasa. Pada tahan pembelian konsumen akan melakukan pembelian produk dan pada tahap setelah pembelian konsumen melakukan konsumsi atau penggunaan produk, evaluasi kinerja produk dan akhirnya membuang produk setelah di gunakan. Konsumen dapat meerupakan seorang individu ataupun organisasi, mereka memiliki peran yang berbeda dalam perilaku konsumsi. Dalam upaya untuk lebih memahami lebih konsumennya sehingga dapat memenuhi kebutuhan dan memenuhi keinginan konsumen, perusahaan dapat menggolongkan konsumennya ke dalam kelompok yang memiliki kemiripan tertentu yaitu pengelompokan menurut geografi, demografi, psikografi dan perilaku.
2.      SIAPA SEBENARNYA KONSUMEN DAN APA CIRI – CIRI KONSUMEN
Konsumen adalah setiap orang pemakai barang atau jasa yang tersedia dalam masyarakat baik bagi kepentingan diri sendiri, keluarga, orang lain maupun makhluk hidup lain dan tidak untk di perdagangkan.

Adapun ciri – ciri konsumen, sebagai berikut :
·         Personal consumer : konsumen ini membeli atau menggunakan barang atau jasa untuk penggunaannya sendiri.
·         Organizational consumer : konsumen ini membeli atau menggunakan barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan dan menjalankan organisasi tersebut.

3.      KEKUATAN UTAMA YANG DAPAT MEMPERTAJAM PENELITIAN TENTANG KONSUMEN
·         Pendekatan interpretif yaitu menggali secara mendalam perilaku konsumsi dan hal yang mendasarinya.
·         Pendekatan tradisoional yaitu didasari pada teori dan metode ilmu psikologi, kognitif, sosial dan behaviorial serta ilmu sosiologi. Pendekatan ini bertujuan untuk mengembangkan teori dan metode guna menjelaskan perilaku dan pembuatan keputusan konsumen.
·         Sains pemasaran yaitu didasari pada teori dan metode ilmu ekonomi dan statistika.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar