SEGMENTASI PASAR DAN ANALISIS DEMOGRAFI
Segmentasi pasar adalah
kegiatan membagi suatu pasar menjadi kelompok – kelompok pembeli yang berbeda
yang memiliki kebutuhan karakteristik atau perlaku yang berbeda yang mungkin
membutuhkan produk atau bauran pemasaran yang berbeda. Segmentasi pasar juga
dapat diartikan sebagai proses pengidentifikasian dan menganalisis para pembeli
di pasar produk, menganalisis perbedaaan antara pembeli di pasar.
Segmentasi pasar sangatlah
penting didalam bisnis dan pemasaran. Walaupun kita tidak boleh mengiris – iris
pasar terlalu kecil, segmentasi pasar tetaplah suatu hal yang harus dipelajari
dalam membangun usaha. Segmentasi pasar sebagai suatu strategi perusahaan
tidaklah semata – mata dilakukan dengan cara m,embedakan produk atau bahkan menciptakan
produk baru, tetapi di dasarkan atas perbedaan minat dan kebutuhan konsumen.
Definisi analisis pasar
menurut beberapa ahli :
·
Swastha dan Handoko ( 1987 )
Segmentasi
pasar merupakan suatu tindakan membagi pasar menjadi segmen – segmen pasar
tertentu yang di jadikan sasaran penjualan yang akan di capai dengan marketing
mix.
·
Pride dan ferrel ( 1995 )
Segmentasi
pasar adalah suatu proses membagi pasar ke dalam segmen – segmen pelanggan
potensial dengan kesamaan karakteristik yang menunjukkan adanya kesamaan
perilaku pembeli dan sebagai suatu proses pembelian pasar keseluruhan menjadi
kelompok – kelompok pasar yang terdiri dari orang – orang yang secara relative memiliki
kebutuhan produk yang serupa.
A.
SEGMENTASI PASAR DAN KEPUASAN KONSUMEN
Menurut
Philip kotler ( 1997 ) kepuasan konsumen adalah perasaan senang atau kecewa
seseorang yang berasal dari perbandingan antara kesannya terhadap kinerja (
hasil ) suatu produk dengan harapannya.
Kepuasan
konsumen terbagi menjadi dua :
1. Kepuasan
fungsional, merupakan kepuasan yang di peroleh dari fungsi atau pemakaian suatu
produk . misalnya : karena makan membuat
perut kita menjadi kenyang .
2. Kepuasan
psikologikal, merupakan kepiuasan yang di peroleh dari atribut yang bersifat
tidak berwujud. Misalnya : perasaan bangga karena mendapat pelayanan yang
sangat istimewa dari sebuah rumah makan yang mewah.
B.
SEGMENTASI DAN PROFITABILITAS
Profitabilitas adalah kemampuan
perseroan untuk menghasilkan suatu keuntungan dan menyokong pertumbuhan baik
jangka pendek maupun jangka panjang. Profitabilitas perseroan biasanya dilihat
dari laporan laba rugi perseroan yang menunjukkan laporan hasil kinerja
perseroan.
Meningkatkan efisiensi proses produksi
Proses produksi yang efisien akan
menghasilkan penghematan. Semakin berhemat semakin rendah pula biaya produksi. Dengan
semakin rendahnya biaya produksi, maka
margin keuntungan juga semakin tinggi.
C.
PENGGUNAAN SEGMENTASI DALAM STRATEGI PEMASARAN
Agar segmentasi pasar dapat
bermanfaat maka harus memenuhi beberapa karakteristik:
·
Measurable : ukuran, daya beli dan
profit segmen harus dapat di ukur meskipun ada beberapa variabel yang sulit di
ukur.
·
Accessible : segmen pasar harus
dapat di jangkau dan di layani secara efektif
·
Substantial : segmen pasar harus
cukup besar dan menguntungkan untuk di layani
·
Differentiable : segmen – segmen dapat
di pisahkan secara konseptual dan menberikan tanggapan yang berbeda terhadap
elemen – elemen dan bauran pemasaran yang berbeda.
·
Actionable : program yang efektif
dapat di buat untuk menarik dan melayani segmen – segmen yang bersangkutan.
Langkah
dalam mengembangkan segmentasi pemasaran :
1. Mensegmen
pasar menggunakan variabel – variabel permintaan, seperti kebutuhan konsumen,
manfaat yang di cari dan situasi pemakaian.
2. Mendeskripsikan
segmen pasar yang diidentifikasikan dengan menggunakan variabel – variabel yang
dapat membantu perusahaan memahami cara melayani kebutuhan konsumen tersebut
dan cara berkomunikasi dengan konsumen.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar